Artikel

Thursday, August 13, 2020

Meneladani Sikap Jujur Nabi Muhammad saw

 Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang jujur. Sejak kecil Nabi Muhammad SAW mengikuti pamannya untuk berdagang di Pasar. Ketika berdagang Nabi Muhammad SAW tidak pernah berbohong, jika barang dagangannya buruk beliau akan berkata buruk pun sebaliknya jika barang dagangannya baik maka ia akan berkata baik. Sekalipun tidak pernah berbuat curang terhadap pembelinya. tidak hanya dalam berdagang, Nabi Muhammad SAW bersikap jujur dalam segala perbuatan dan perkataannya sehari hari. karena kejujurannya Nabi Muhammad SAW dijuluki Al-Amin.

    Sebagai umatnya, kita hendak mencontoh sikap dan kejujuran Nabi Muhammad SAW. Salah satu contoh perbuatan jujur yakni ketika kita menemukan uang di sekolah atau dimanapun yang mana bukan merupakan uang kita. Kita tanyakan terlebih dahulu kepada sekitar kita atau kita lapor kepada bapak ibu guru jika kejadian itu di Sekolah. Begitu juga kalau kita di tanya, kita juga harus berkata jujur. Jika memang uang kita kita ambil dan jika bukan kita tidak boleh mengakui bahwa itu uang kita.


    Selalu berbuat jujur kepada siapapun dan dimanapun. Berbuat jujur tidak akan membuat kita rugi bahkan kita akan mendapat pahala yang banyak dengan kejujuran kita. selain itu kita juga akan mendapat banyak teman dengan kejujuran kita.

Oleh karena itu ayo kita bersikap jujur, berkata jujur dan berpikir jujur. Orang jujur Hebat!!!!!

Terima kasih

No comments:

Post a Comment