Artikel

Thursday, August 13, 2020

Bersikap Percaya Diri

Assalamualaikum wr wb

    Percaya diri merupakan sikap yang harus kita miliki, percaya diri berarti kita harus yakin akan kemampuan kita, tidak mudah putus asa. Nabi Muhammad saw. berpesan kepada kita agar hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Dengan iman yang kuat, Nabi Muhammad saw. selalu percaya diri dalam melakukan dakwahnya. Dengan iman yang kuat, Nabi Muhammad saw. selalu yakin pada kemampuan dirinya dalam melakukan tugas-tugasnya sebagai utusan Allah Swt. Nabi Muhammad saw. menyuruh kita selalu percaya diri. Orang yang percaya diri selalu menghargai kemampuan diri sendiri. Orang yang percaya diri selalu memegang teguh pendirian dan tidak ragu-ragu.

Ciri orang yang percaya diri anatra lain 
1. Bersikap tenang
2. Berpikir positif dan optimis
3. Bersikap mandiri
4. Berani bertindak
5. Tidak ragu-ragu


Nah !!!, sekarang bagaimana kita menerapkan sikap percaya diri sebagai siswa? 

1. Kita harus semangat ketika belajar baik di rumah ataupun di sekolah, semua manusia terlahir bodoh ketika bayi tidak bisa bicara, berhitung, bahkan berjalan. Beranjak dewasa manusia belajar agar bisa pandai membaca, menulis, berhitung dan lain-lain.

2. Kita tidak boleh menyerah ketika menghadapi kesulitan saat belajar. sebagai pelajar kita harus terus belajar sekalipun yang kita pelajari sulit. bahkan tetesan air perlahan-lahan dapat melobangi batu yang keras. begitu juga ketika belajar, dengan sabar kita pasti bisa menguasai pelajaran.

3. Setelah berusaha dan belajar dengan sungguh-sungguh kita tidak boleh lupa untuk berdoa kepada Allah swt, agar Allah senantiasa memberi kita ilmu yang bermanfaat serta diberi kesahatan agar dapat terus belajar dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara.

Mari kawan-kawan sejak sekarang kita biasakan untuk menjadi anak yang penuh percaya diri dan meraih segala cita-cita kita di masa depan.

Terima kasih

No comments:

Post a Comment