Artikel

Thursday, November 12, 2020

Macam-Macam Hadas dan Najis Dan Cara Mensucikannya

Macam-Macam Hadas

Hadas dibedakan menjadi dua yakni hadas kecil dan hadas besar. Yang termasuk hadas kecil adalah buang air kecil, buang air besar, dan kentut. Yang termasuk hadas besar misalnya mimpi basah bagi laki-laki dan haid bagi perempuan. Orang yang berhadas kecil tidak sah jika hendak shalat, kecuali dia berwudhu atau tayammum dahulu. Wudhu merupakan salah satu syarat sah shalat. Sedangkan orang yang berhadas besar dia harus bersuci dengan cara mandi junub sebelum melaksanakan shalat. Jadi cara mensucikan hadas kecil dengan berwudhu, sedangkan hadas besar dengan mandi wajib (junub) atau bisa dengan tayammum ketika tidak terdapat air.


Macam-Macam Najis

1. Najis Mughaladah
Najis mughaladah adalah jenis najis yang paling berat. Yang termasuk najis jenis ini adalah babi dan air liur anjing. Jika memegang babi atau terkena air liur anjing, maka bisa mensucikannya dengan cara membasuh anggota tubuh yang terkena najis itu dengan menggunakan air hingga merata diulang-ulang sampai tujuh kali. Dan salah satu di antaranya dicampur debu atau tanah yang suci.

2. Najis Mutawasithah
Najis mutawasithah adalah najis yang sedang (tidak termasuk berat dan tidak termasuk ringan). Yang termasuk jenis najis mutawasitah adalah kotoran manusia, kotoran hewan, air kencing, dan darah. Najis jenis ini masih dibedakan lagi menjadi: 1) najis ‘ainiyah (najis yang kelihatan), misalnya air kencing yang masih basah, kotoran binatang, dan sebagainya. 2) najis hukmiyah (najis yang tidak kelihatan), nisalnya air kencing yang sudah mengering, dll. Cara mensucikan najis ini adalah dengan dibasuh berulang kali menggunakan air sampai hilang rasanya, baunya dan warnanya.

3. Najis Mukhafafah
Najis mukhafafah adalah najis yang paling ringan di antara najis-najis lain. Yang termasuk najis jenis ini adalah air kencing bayi laki-laki yang umumnya tidak lebih dari dua tahun dan belum makan apa-apa kecuali air susu ibu. Cara mensucikannya dengan memercikan air ke tempat yang terkena najis tersebut.

No comments:

Post a Comment