Artikel

Thursday, September 10, 2020

Beriman kepada Rasul Allah SWT

    Manusia diperintahkan untuk menyembah Allah Swt karena Allah Swt yang patut disembah. Tidak ada yang patut disembah kecuali Allah Swt. Allah Swt telah menciptakan manusia beserta alam semesta. Allah Swt juga telah memberi kenikmatan yang begitu banyak kepada manusia.
    Allah Swt mengutus para rasul untuk menyeru kepada manusia agar menyembah Allah Swt. Ketika salah satu rasul wafat dan manusia sudah rusak moralnya serta tidak mau menyembah Allah Swt, maka Allah swt segera mengutus rasul lain untuk menyeru kepada manusia agar tetap menyembah Allah Swt sampai rasul terakhir. Nabi Muhammad saw sebagai nabi dan rasul akhir zaman atau penutup para nabi dan para rasul. Artinya sesudah Nabi Muhammad saw, Allah Swt tidak mengutus nabi atau rasul lagi.
Kita harus beriman atau percaya terhadap rasul Allah Swt. Keberadaan rasul-rasul Allah Swt telah diceritakan dalam kitab suci Al-Qur'an. Rasul dan nabi yang wajib kita percayai berjumlah 25 orang.

  1. Nabi Adam a.s
  2. Nabi Idris a.s
  3. Nabi Nuh a.s
  4. Nabi Hud a.s
  5. Nabi Saleh a.s
  6. Nabi Ibrahim a.s
  7. Nabi Luth a.s
  8. Nabi Ismail a.s
  9. Nabi Ishaq a.s
  10. Nabi ya'qub a.s
  11. Nabi Yusuf a.s
  12. Nabi ayub a.s
  13. Nabi Zulkifli a.s
  14. Nabi Syu'aib a.s
  15. Nabi Musa a.s
  16. Nabi Harun a.s
  17. Nabi Daud a.s
  18. Nabi Sulaiman a.s
  19. Nabi Ilyas a.s
  20. Nabi Ilyasa a.s
  21. Nabi Yunus a.s
  22. Nabi Zakaria a.s
  23. Nabi Yahya a.s
  24. Nabi Isa a.s
  25. Nabi Muhammad saw
    Beriman kepada para rasul merupakan rukun iman yang keempat. Beriman kepada rasul-rasul Allah Swt berarti percaya dengan sungguh-sungguh bahwa rasul Allah Swt adalah orang-orang yang diutus dan ditugaskan oleh Allah Swt untuk menyampaikan ajaran atau wahyu Allah swt kepada manusia. 

No comments:

Post a Comment